Minggu, 22 Desember 2013

Cara Menikmati Kopi Yang Benar


Cara Menikmati Kopi

Cara Menikmati Kopi - Di zaman yang modern sekarang ini nongkrong atau duduk santai sambil menikmati secangkir kopi memang sudah menjadi gaya hidup tersendiri terutama di kota-kota besar. Dengan banyaknya outlet-outlet penjual kopi yang bertebaran di pusat-pusat kota, bisa menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia cinta minum kopi. Mulai dari warkop pinggir jalanan, kafe, bahkan sampai butik kopi mulai menjamur.

Selain itu, sekarang ini juga banyak institusi yang menawarkan tentang pelatihan sebagai barista (ahli kopi), sebab kopi yang berkualitas memang patut untuk dinikmati. Sebagai penikmat kopi, tentu memiliki cara tersendiri dalam menikmatinya. Anda penasaran bagaimana cara menikmati kopi yang benar? Berikut blog Inovasi Kesehatan akan mencoba untuk memaparkan bagaimana cara menikmati kopi layaknya seorang ahli kopi.

Untuk mendapatkan rasa kopi yang nikmat, tentunya kopi yang dipilih pun juga harus yang berkualitas bagus. Gunakan biji kopi yang benar-benar masih segar atau fresh supaya rasa yang dihasilkan benar-benar nikmat. Simpan biji kopi di dalam wadah yang tertutup rapat, misalnya toples kaca yang kedap udara dan bungkus lah dengan aluminium foil. Hindari menyimpan kopi dalam keadaan sudah digiling atau berbentuk bubuk, sebab jika disimpan terlalu lama bubuk kopi lama-kelamaan akan berbau apek sehingga menghilangkan kualitas keaslian kopi. Anda bisa menggiling biji kopi sendiri dengan menggunakan mesin penggiling kopi yang murah misalnya blender.

Setelah mendapat bahan kopi yang berkualitas, Anda pun juga harus memperhatikan teknik atau cara pembuatannya. Ada banyak cara dalam membuat kopi mulai dari yang sederhana sampai dengan cara yang mahal seperti memakai mesin espresso.

Gunakanlah air yang berkualitas bagus dalam menyeduh kopi, yakni bersih dan suhunya tepat. Suhu air untuk menyeduh kopi kurang lebih 90˚C, jangan menyeduh kopi pada saat air sedang mendidih sebab bisa menjadikan kopi terasa gosong.

Secangkir  kopi pun siap untuk dinikmati. Jika Anda suka dengan yang manis-manis, Anda bisa menambah sedikit gula. Namun kebanyakan para pencinta kopi biasanya lebih suka dengan kopi yang pahit sebab rasa dan aromanya terasa lebih “nendang”.

Sebelum meminumnya cobalah untuk menghirup aroma kopi, Anda akan mendapatkan sensasi aroma kopi yang harum dan menenangkan. Setelah itu minumlah secara perlahan-lahan dengan cara menyeruputnya.

Dalam menikmati secangkir kopi ternyata ada waktu yang tepat sehingga meminum kopi pun akan terasa lebih nikmat, yakni di pagi hari atau malam hari. Namun, Anda juga harus memperhatikan kondisi perut. Jangan minum kopi pada saat perut kosong, terlebih jika Anda memiliki penyakit maag. Sarapanlah terlebih dahulu sebelum menikmati secangkir kopi yang harum dan nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar